Someone sent you a note: “fishing ground”

image

“fishing ground”

Fishing ground atau daerah penangkapan ikan adalah suatu perairan dimana ikan yang menjadi sasaran penangkapan daharapkan dapat tertangkap secara maksimal, tetapi masih dalam batas kelestarian sumberdaya.

Sent from Catch Notes for Android
https://catch.com

Posted from WordPress for Android

Someone sent you a note: Informasi fishing ground

image

Informasi fishing ground
By Tendri

Prediksi Daerah Penangkapan Ikan (Fishing ground) merupakan iptek yang sangat bermanfaat bagi nelayan dan pengusaha yang bergerak pada bidang penangkapan ikan di laut. Informasi fishing ground merupakan kebutuhan vital yang diperlukan pada usaha penangkapan ikan berupa:

1. Titik koodinat pada posisi lintang dan bujur yang terdapat pada peta lokasi Daerah Penangkapan Ikan yang diberi tanda gambar ikan berwarna merah.

2. Titik koordinat pada posisi lintang dan bujur yang terdapat pada peta lokasi Potensi Daerah Penangkapan Ikan ditandai dengan gambar ikan berwarna ungu. Pada Potensi Daerah Penangkapan ini, ikan diperkirakan berada pada sekitar posisi lintang dan bujur yang ditetapkan. Dengan hasil menemukan titik koordinat lintang dan bujur lokasi penangkapan maupun potensi daerah penangkapan di laut nelayan dapat langsung mengoperasikan alat tangkap ikan yang dibawanya.

Sent from Catch Notes for Android
https://catch.com

Posted from WordPress for Android

Someone sent you a note: Pangsa Pasar Hasil Perikanan Indonesia

image

Pangsa Pasar Hasil Perikanan Indonesia
By Tendri

AS merupakan pasar ekspor terbesar bagi komoditas udang serta kepiting dan rajungan Indonesia.
Impor produk seafood AS mencapai US$ 21,9 miliar, dengan komoditas utama udang, salmon, tuna, kakap, kepiting dan rajungan, lobster dan tilapia pada 2014.

Berdasarkan data Comtrade, urutan pemasok produk seafood ke AS pada 2014 antara lain China sebesar US$ 3,1 miliar, Canada US$ 2,8 miliar dan Indonesia US$ 1,9 miliar.

Berdasarkan data BPS, nilai ekspor hasil perikanan tahun 2014 mencapai US$ 4,6 miliar, meningkat sekitar 9 persen dari US$ 4,2 miliar pada 2013. Ekspor ke AS tahun 2014 sebesar US$ 1,84 miliar dari US$ 1,33 miliar, atau meningkat sebesar 27 persen.

Komoditas utama ekspor ke AS tahun 2014 adalah udang dengan volume 107.424 ton senilai US$ 1,28 miliar, kepiting dan rajungan dengan volume 10.833 ton senilai US$ 277 juta, dan tuna dengan volume 22.000 ton dengan nilai sebesar US$ 128 juta.

Peningkatan ekspor udang dari tahun 2013 ke 2014 dari sisi volume sebesar 30,16 persen dan dari sisi nilai sebesar 45,44 persen. Adapun peningkatan dari tahun 2013 ke 2014 untuk kepiting dan rajungan dari sisi volume sebesar 5,50 persen dan dari sisi nilai sebesar 45,8 persen.

Sent from Catch Notes for Android
https://catch.com

Posted from WordPress for Android

Someone sent you a note: Manfaat Info Geospasial

Manfaat Info Geospasial
By Tendri

Informasi geospasial kelautan sangat diperlukan dalam mengelola sumber daya kelautan dan perikanan secara berkelanjutan. Tak hanya itu data teknis geospasial juga dibutuhkan untuk mendukung penegakan kedaulatan di laut. Terutama dalam perundingan batas yurisdiksi negara Indonesia dengan negara tetangga.

Sent from Catch Notes for Android
https://catch.com

Posted from WordPress for Android